Saturday, July 16, 2011

Pengertian CMS

Pengertian CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Terminologi CMS sendiri cukup luas, diantaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global.
CMS (Content Management System) dapat dipahami sebagai sistem yang mengelola isi yang akan ditampilkan pada halaman web & CMS terbukti merupakan sebuah aset penting bagi perusahaan untuk mengelola content situs web dan portal secara efisien & efektif.
Kesimpulannya, CMS dibuat untuk memudahkan setiap orang yang membuat website tanpa harus memahami lebih mendalam tentang Desain Grafis atau pemrograman web, cukup fokus pada isi/content yang akan ditampilkan, kemudian tentukan CMS yang akan digunakan sesuai website yang akan dibuat.

Sumber : anugrahpencipta.com & chandil.wordpress.com

Secara umum aplikasi dari CMS dapat dibagi menjadi beberapa kategori, diantaranya :

1. CMS Portal
    adalah web site yang menjadi awal/starting point bagi pengunjung untuk memulai aktivitasnya di internet. Portal bersifat vertikal (personal) & horizontal (general). Tool ini memudahkan kita untuk memanage tentang berita, artikel, tulisan, mengumpulkan pendapat (polling). Tujuan penggunaan portal adalah membangun komunitas dengan cara mengikat pengunjung secara sukarela ke dalam berbagai layanan yang disediakan. Kategori Portal mempunyai paling banyak aplikasi Open Sourcenya seperti : Typo3, PHP-Fussion, Drupal, Joomla.

2. CMS Blogs
    Merupakan tool yang cukup populer khususnya untuk diary virtual seseorang. Yang menarik dari Blog adalah memungkinkan untuk saling link atau saling mendukung satu sama lain hingga akhirnya dapat menjadi sebuah alternatif sumber informasi di Internet yang sifatnya sangat perorangan & bebas.
Pada kategori blog, aplikasi yang dapat digunakan antara lain adalah b2evolution, bBlog, BirdBlog, BLOG:CMS, Blur6ex, boastMachine, Dotclear, LoudBlog, Nucleus CMS, PixelPost, sBlog, Serendipity, Simplog, Textpattern, TruBlog, WheatBlog, dan WordPress.

3. CMS e-commerce
    adalah semua kegiatan bisnis dan perdagangan secara online di internet. E-Commerce terdorong oleh pesatnya pertumbuhan populasi Internet itu sendiri.
Aktifitas E-Commerce atau E-Business ditujukan untuk menyempurnakan efisiensi transaksi, pertukaran data elektronik, sistem manajemen penyediaan barang, mengotomatisasikan sistem pengumpulan data, & mendapatkan keuntungan materi bersifat konvesional, sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan kinerja yang lebih baik.
Aplikasi CMS yang dapat digunakan : OSCommerce, PrestaShop, Magento.

4. CMS Forum
    adalah tools tempat diskusi, dimana kita bisa berdiskusi melalui web sesuai dengan isu yang diangkat dan kemampuan membagi menjadi beberapa Thread/topic/sub-topic.
Aplikasi CMS yang dapat digunakan : FUDForum, miniBB, MyBB, Phorum, phpBB, PunBB, SMF, UNB, UseBB, Vanilla, W-Agora dan XMB.

5. CMS e-learning
    adalah tools yang berisi informasi untuk pendidikan dan kemampuan belajar interaktif secara online & memfasilitasi proses belajar mengajar yang dibantu oleh komputer.
Aplikasi CMS yang dapat digunakan : ATutor, eFront, Moodle (paling sering digunakan).

6. CMS Image Galerry
    Adalah tool menyimpan foto di Web. Aplikasi CMS yang dapat digunakan : Coppermine, DAlbum, Gallery, LinPHA, MG2, Plogger, Snipe Gallery, SPGM.

7. CMS Wiki
    adalah tool untuk membangun naskah secara kolaboratif, hingga dapat menjadi ensiklopedia di Internet, yang berguna baik untuk memperoleh pengetahuan maupun untuk berkontribusi pada ilmu pengetahuan bagi User.
kategori yang termasuk dalam Wiki :
- http://www.wikipedia.org (ensiklopedia terbesar di Dunia)
- http://www.wikibooks.org (Buku text dan non-fiksi)

Ciri khas software-software diatas sama, semua berbasis Web, sehingga sangat mudah pengelolaannya di sebuah corporate tidak perlu menginstall apapun di sisi pengguna. Semua software dan data tersimpan di server Web, sehingga lebih mudah manajemen & maintenance-nya.

sumber : munojati.blogspot.com, opensource.telkomspeedy.com.

No comments:

Post a Comment